STAMPARA (STM Pembangunan Penjelajah Rimba Raya), sebelum dirintis menjadi STAMPARA, pada tahun 1987 awalnya STAMPARA bernama GEMPALA (Gerombolan Pecinta Alam). Saat itu, organisasi ini hanya beranggotakan 15 orang. 6 orang adalah siswa STM, dan 9 orang lainnya adalah pihak luar. Salah satunya dan menjadi pembina kala itu adalah Drs.Yayat Sudrajat.

Drs. Yayat Sudrajat

(2014) Drs. Yayat Sudrajat

Meskipun GEMPALA belum diresmikan, tetapi organisasi ini sudah cukup tersorot di kalangan masyarakat. Semua itu disebabkan karena GEMPALA bisa menjalin kerja sama dengan organisasi PA lainnya, contohnya PA JAGAWANA dan PA UNPAD pada waktu itu.

Pada tahun 1990, GEMPALA mengalami penambahan anggota menjadi 20 orang. Karena GEMPALA ingin menjadi suatu organisasi yang resmi, maka anggota GEMPALA pun mengusulkan kepada Bapak Oka selaku kepala sekolah STM Pembangunan pada waktu itu untuk meresmikan organisasi GEMPALA dan menjadikannya salah satu ekstrakulikuler di STM Pembangunan.

Karena pada waktu itu kegiatan GEMPALA sesuai dengan tujuan STM yaitu “Mencetak Teknisi Yang Handal”, maka kepala sekolah pun menyetujuinya. Tetapi kepala sekolah kurang menyetujui kata-kata “gerombolan” pada nama GEMPALA karena memberikan kesan negatif, maka nama GEMPALA pun dirubah menjadi STAMPARA. Dan pada tahun 1991 Pecinta Aalam STAMPARA pun telah dengan syah diresmikan menjadi salah satu ekstrakulikuler di STM Pembangunan.

Meskipun GEMPALA mengalami perubahan nama menjadi STAMPARA, tetapi STAMPARA juga bisa tetap tersorot oleh masyarakat. Hal ini pun ditunjang oleh STM Pembangunan sendiri yang merupakan sekolah unggulan di Jawa Barat, maka ekstrakulikulernya pun akan ikut tersorot.

KEANGGOTAAN

  1. Siswa didik STAMPARA adalah calon anggota yang masih dalam proses DIKLATSAR.
  2. Dewan Pengurus adalah anggota STAMPARA yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap jalannya organisasi.
  3. Anggota alumni adalah anggota STAMPARA yang tidak terikat secara sekolah.
  4. Anggota kehormatan adalah anggota STAMPARA yang merintis dan membentuk anggota STAMPARA.

TAHAPAN KEANGGOTAAN

  1. Terdaftar sebagai siswa SMK Negeri 1 Cimahi (STM Pembangunan Bandung).
  2. Mendaftar atas seizin orang tua.
  3. Mengikuti latihan rutin yang ditetapkan oleh Dewan Pengurus.
  4. Mengikuti dan dinyatakan lulus DIKLATSAR STAMPARA.

(Sumber: AD/ART STAMPARA)